Ditulis pada tanggal 9 September 2015, oleh Unit Kearsipan Universitas Brawijaya, pada kategori Sistem informasi kearsipan

Sebagai wujud tindaklanjut dari pembentukan Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip di lingkungan perguruan tinggi pada bulan April 2015 yang diprakarsai oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapersip) Propinsi Jawa Timur, Tim FKMSA-UB melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka mensosialisasikan pentingnya arsip kepada masyarakat. Puncak kegiatannya adalah pada Gelar Lomba Komunitas Masyarakat Sadar Arsip pada tanggal 7-8 September 2015 di Hotel Kartika Graha, Kota Malang yang diikuti oleh 12 tim FKMSA dari berbagai perguruan tinggi se-Jawa Timur.

Setelah melalui presentasi dari setiap kelompok komunitas, dewan juri, Prof. Dr. Mustadji, M.Pd., Ketua Program Doktor Teknologi Pendidikan UNESA, Rudi Anton, SH., MH., Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional RI, dan Tidor Arif T. Djati, Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia Wilayah Jawa Timur, ketiga dewan juri memutuskan 5 (lima) pemenang: yaitu Juara I, FKMSA Universitas Brawijaya, Juara II, FKMSA Universitas Pembangunan Nasional Surabaya, Juara III, FKMSA STAIN Tulungagung, Juara Harapan I, FKMSA Universitas Bhayangkara Surabaya, dan Juara Harapan II adalah FKMSA IAIN Jember. Salah satu dewan juri Rudi Anton, SH., MH. Mengatakan pelibatan mahasiswa dengan model FKMSA ini hanya ada di Jawa Timur. Menurutnya pola penyadaranan dan pelibatan peran serta mahasiswa seperti ini harus menjadi pola yang perlu dilakukan secara nasional.

Kepala Bapersip Jatim Drs. Soedjono MM. saat sambutan penutupan, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setulusnya dengan semua aktifitas FKMSA. Menurutnya apa yang dilakukan adalah aneka prestasi yang luar biasa. Potensi tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan, kapasitas dan kreatifitas dalam membantu pemerintah daerah mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapi oleh pemerintah daerah khususnya.

Beberapa peserta yang sempat diminta komentarnya dengan program Bapersip Jatim ini sangat berterima kasih, telah difasilitasi dan diberi kesempatan untuk membentuk FKMSA sebagai wadah untuk berkreasi dan berekspresi.

Tim Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA) UB. Selama lima bulan, sejak bulan April hingga babak presentasi kemarin, mereka bekerja keras untuk menyusun program-program yang bertujuan mengingatkan masyarakat akan pentingnya kearsipan dengan mengusung slogan “Keeping Records, Keeping Our Lives”. Di antaranya adalah dengan terjun langsung ke lapangan dengan membagikan selebaran tentang kearsipan di dalam rumah tangga di pusat-pusat keramaian. Tak cukup di situ, tim ini pun berhasil menarik perhatian masyarakat lewat Lomba Masyarakat Sadar Arsip. Lomba ini terbuka untuk umum pada 7-21 Agustus 2015 dan memanfaatkan media sosial Facebook melalui alamat http://facebook.com/komunitassadararsip dalam penyelenggaraannya.

UntitledNamun, di antara program-program tersebut, program pembuatan aplikasi kearsipan untuk rumah tangga dengan berbasis web menarik perhatian dewan juri yang terdiri dari kalangan akademisi dan praktisi di bidang kearsipan. Dengan mengakses alamat http://simarta.net, masyarakat dapat menyimpan segala arsip rumah tangga, sehingga masyarakat tak perlu khawatir kehilangan dokumen-dokumen penting di dalam rumah tangga.

Selama penyusunan dan pelaksanaan program-program tersebut, tim FKMSA UB dibimbing langsung oleh tim ahli dari Unit Kearsipan Universitas Brawijaya (UK UB), yaitu Dr. Hamidah Nayati Utami, M.Si., Muhammad Tanzil Furqon, M.Comp.Sc, dan Muhammad Rosyihan Hendrawan, M.Hum. Tak ayal, prestasi ini menjadi salah satu persembahan UK UB di awal-awal masa berdirinya dalam membangun suatu sistem kearsipan universitas yang rapi dan terencana dengan baik.