• Sejalan dengan upaya penjaminan mutu secara berkelanjutan dan upaya mempertahankan akreditasi nasional maupun internasional, Universitas Brawijaya memerlukan sistem pengendalian dokumen dan rekaman yang baik.
  • Universitas Brawijaya secara rutin melakukan audit internal mutu baik untuk UKPA maupun UKPPA. AIM UKPPA siklus 7 yang dilaksanakan bulan Mei Tahun 2014 menjadi tonggak awal yang melandasi terbentuknya lembaga kearsipan Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil AIM siklus 7 tersebut memberikan rekomendasi agar ada kebijakan untuk menetapkan mekanisme pengelolaan rekaman/arsip dan dokumen termasuk SDM dan sarana prasarananya.
  • Pimpinan Universitas Brawijaya merealisasikan rekomendasi tersebut dengan mendirikan Unit Kearsipan dan memasukkan dalam draft SOTK Universitas Brawijaya tahun 2015 pada awal tahun 2015.
  • Selanjutnya pada bulan Maret 2015 Rektor menetapkan Pimpinan Unit Kearsipan yang pertama dengan SK Rektor Nomor: 124 Tahun 2015 dengan Kepala Unit Kearsipan Dr. Hamidah Nayati Utami, S.Sos, MSi. Dan menetapkan SK Struktur Organisasi Unit Kearsipan Nomor 136 Tahun 2015, tertanggal 20 Maret 2015.
  • Unit Kearsipan Universitas Brawijaya (UK UB) adalah Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi yang melaksanakan tugas sesuai amanah Undang-Undang No. 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan PP 12 tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang-Undang Kearsipan. Lembaga Kearsipan ini memiliki fungsi, tugas, dan tanggung jawab di bidang pengelolaan arsip statis dan pembinaan kearsipan di lingkungan Kantor Pusat, Fakultas, Lembaga, dan Unit yang ada di Universitas Brawijaya.