Ditulis pada tanggal 20 June 2015, oleh Unit Kearsipan Universitas Brawijaya, pada kategori Kegiatan, Pembinaan kearsipan

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Serah Terima Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ke Unit Kearsipan Universitas Brawijaya (UB) dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis 16-18 Juni 2015 diikuti oleh 25 tenaga pengelola kearsipan dari beberapa unit kerja di lingkungan UB. Dalam sambutannya, Kasubdit III ANRI Abdul Haris M. Ali, SH., MM., menyampaikan “Arsip memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Kita bisa seperti sekarang karena adanya arsip”. Lebih jauh lagi, Abdul Haris menjelaskan mengenai bagaimana cara mengelola arsip, dasar hukum, serta alih media arsip.

 

 

Tim Unit Kearsipan UB dan Tim ANRI berfoto bersama  peserta Bimtek SIKS

Tim Unit Kearsipan UB dan Tim ANRI berfoto bersama
peserta Bimtek SIKS

 

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan kunjungan ke unit pencipta arsip di lingkungan Universitas Brawijaya, salah satunya Fakultas Ilmu Administrasi. Tim dari ANRI mengamati bagaimana pengelolaan arsip yang selama ini telah berjalan. Siang harinya, dilanjutkan dengan materi pengantar aplikasi SIKS yang disampaikan oleh Irwanto Eko Saputro, S.Kom., M.Si. “Perguruan tinggi merupakan mitra potensial ANRI dalam menjalankan visi arsip sebagai simpul pemersatu bangsa. Oleh sebab itu, ANRI melakukan sosialisasi SIKS dan SIKD ke seluruh perguruan tinggi di Indonesia” ujarnya.

Hari terakhir, dilakukan prosesi serah terima secara simbolis oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI Drs. M. Taufik, M.Si., kepada Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. M. Bisri, MS. Taufik menyampaikan “Diharapkan dengan SIKS bisa membantu Universitas Brawijaya untuk lebih tertib dalam mengelola arsip statisnya”.

 

 

Proses serah terima SIKS oleh ANRI kepada UB

Proses serah terima SIKS oleh ANRI kepada UB